Pendaftaran Merek

Dalam hal pendaftaran, perlindungan, Pengajuan Keberatan dan Pengalihan Hak atas Merek, Zeto & Associates sudah memiliki Konsultan HKI  yang sudah terdaftar dan memiliki keahlian dalam Peraturan yang berkaitan.

Dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi diikuti dengan perkembangan Hak Kekayaan Intelektual semakin pesat, pelanggaran – pelanggaran terhadap HKI semakin banyak yang ini membuat pemegang hak-hak tersebut semakin resah.

Hampir di berbagai kawasan dunia dapat dijumpai pelanggaran – pelanggaran yang terjadi terhadap HKI tersebut, dimana hal tersebut sangat merugikan bagi si pemegang hak karena telah mencatut ketenaran dari suatu barang yang dimiliki oleh mereka. Semua itu berdampak buruk bagi si pemegang hak karena secara tidak langsung merugikan bagi dirinya dan orang yang telah memakai produknya selama bertahun – tahun sebagai akibat dari adanya persaingan usaha yang tidak sehat (unfair competition) dan memonopoli persaingan yang ada baik di dalam negerinya sendiri maupun secara global  termasuk di Indonesia.

Disamping itu, perkembangan di bidang perdagangan dan industri yang sedemikian berkembangnya di Indonesia, sehingga dibutuhkan perlindungan terhadap teknologi yang digunakan dalam proses pembuatannya, jika dikemudian produk tersebut beredar dalam masyarakat dengan merek tertentu, maka ada perlindungan hukum terhadap merek produk tersebut. Dalam hubungannya ini hak- hak yang timbul dari hak intelektual khususnya hak merek menjadi sangat penting yaitu dari segi perlindungan hukum.

Mengingat konsep perlindungan merek di Indonesia telah menganut sistem konstitutif atau pendaftar pertama (first to file principle), maka merek yang dilindungi hukum adalah merek yang terdaftar diatur dalam Pasal 3 UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek  dan Indikasi Geografis.

UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Indikasi Geografis diatur dalam Pasal 9 sebagai berikut Permohonan dengan menggunakan Hak Prioritas harus diajukan dalam waktu paling lama 6 (enam) bulan terhitung sejak Tanggal Penerimaan permohonan pendaftaran Merek yang pertama kali diterima di negara lain yang merupakan anggota Konvensi Paris tentang Pelindungan Kekayaan Industri (Paris Convention for the Protection of Industrial Property) atau anggota Persetujuan Pembentukan Organisasi Perdagangan Dunia (Agreement Establishing the World Trade Organization).

Berdasarkan Pasal 35 Ayat (1) UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Indikasi Geografis Merek Merek terdaftar mendapat pelindungan hukum untuk jangka waktu 10 (sepuluh) tahun sejak Tanggal Penerimaan, Untuk Permohonan banding terhadap penolakan Permohonan diajukan dalam jangka waktu paling lama 90 (sembilan puluh) Hari terhitung sejak Tanggal Pengiriman surat pemberitahuan penolakan Permohonan diatur dalam Pasal 28 UU Nomor 20 Tahun 2016 tentang Indikasi Geografis Merek.

Berdasarkan UU Merek 1961 mengatur dalam Pasal 20 (1): “Pemindahan hak atas pendaftaran merek yang terdaftar menurut Pasal 7 kepada orang lain hanya diperkenankan, jika seluruh atau sebagian dari perusahaan yang menghasilkan barang atau perusahaan yang memperdagangkan barang yang memakai merek itu, juga telah dipindahkan haknya kepada orang lain tersebut.” Artinya pengalihan hak atas merek juga harus diikuti pengalihan perusahaannya sekaligus. jika ia hanya ingin menanggalkan mereknya saja, maka ia harus nohon penghapusan pendaftaran baru dari merek tersebut atas namanya dengan memenuhi syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan lain (penjelasan UU Merek 1961).

Zeto & Associates adalah Konsultan HKI akan membantu Anda untuk mendaftarkan perusahaan, industri, dan juga usaha pribadi, selain itu kami juga dapat membantu  klien dalam pendaftaran :

1.      Paten

2.      Desain Industri

3.      Merek Dagang

4.      Hak Cipta

Untuk menghindari adanya  pelanggaran – pelanggaran terhadap kepentingan anda dalam merek dan Hak Kekayaan Intelektual lainnya, maka segera daftarkan Merek, Paten, Desain Industri, Merek Dagang, Hak Cipta anda melalui Zeto & Assosiates Konsultan HKI terdaftar.

 

Zeto & Associates – Lawyers

Gedung Jaya Lantai 2 Ruang 207

JL. MH. Thamrin Kav. 12 Jakarta 10340

Mobile: +62 81 777 88 63

Email: zetobachri@zetolawyer.com